PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
DOI:
https://doi.org/10.11377/ajvdb167Kata Kunci:
make a match, Pemahaman Konsep Matematika, KooperatifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe make a match berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi bangun ruang sisi datar peserta didik kelas VIII UPTD SMP Negeri Ternate. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik UPTD SMP Neger Ternate. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimrimental Design yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent control grup Design yaitu mengharuskan adanya kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan bantuan aplikasi IBM SPSS statistic versi 20, yang sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik dan uji prasyarat. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelas eksperimen diperoleh nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 67 dengan nilai rata-rata 78 dan standar deviasi 7,10427. Berdasarkan uji statistik (uji t) menggunakan aplikasi IBM SPSS statistic versi 20, yang telah dilakukan diperoleh nilai thitung = 8,536. Nilai ini lebih besar dari nilai ttabel = 2,051 dengan dk = n1 + n2 – 2 dan taraf signifikansi 5%. Oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima sehingga model pembelajaran kooperatif tipe make a match berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik.
Unduhan

Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2025-06-16 (2)
- 2025-05-15 (1)
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Fadhillah Abdul Halik Likur (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.